Mata Pelajaran TIK Itu Penting Pak Menteri Anies Baswedan

Kamis, 12 Maret 2015 | komentar

Coba ditanya secara langsung kepada anak-anak Indonesia. Pasti mereka akan mengatakan, “mata pelajaran TIK itu penting”. Apa itu TIK? Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sebuah mata pelajaran wajib di Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, dan kemudian dihapuskan di kurikulum 2013. Di sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mata pejajaran ini bernama Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI).
Dalam kurikulum 2013, muncullah mata pelajaran baru yang bernama prakarya menggusur TIK. Tidak jelas landasan hukum, empirik, dan konseptualnya. Sebab sampai saat ini belum pernah ada jurusan prakarya di perguruan tinggi, dan belum ada sarjana prakarya. Sampai pada akhirnya guru TIK tersandera dan dialihkan menjadi guru prakarya. Padahal pak Musliar Kasim (Wakil Mendikbud saat itu) mengatakan, “Guru TIK tidak boleh menjadi guru Prakarya”. Guru TIK akhirnya, terdzholimi, dan banyak yang terpaksa di PHK.
Pelajaran TIK boleh tidak ada dalam kurikulum 2013. Namun demikian, mata Pelajaran TIK tidak akan pernah mati dan akan selalu di hati. Sampai saat ini ribuan guru TIK dan KKPI masih berjuang mengembalikan mata pelajaran TIK/KKPI ke dalam kurikulum sekolah kita. TIK bukan hanya sebuah tools yang terintegrasi ke semua mata pelajaran, tetapi TIK sebagai sebuah keilmuan atau sains harus dipertahankan agar pondasi TIK yang dimiliki anak Indonesia tidak kalah dengan anak luar negeri. Kita harus mampu menjadi produsen di bidang TIK, dan tidak melulu hanya menjadi konsumen TIK.
Selamat datang kembali mata pelajaran TIK dan KKPI, kami semua siap menyambutmu. Kami semua merindukanmu di tahun ajaran baru.
Mata pelajaran TIK itu penting pak menteri, Anies Baswedan, dan mohon dikembalikan lagi dalam struktur kurikulum sekolah kita. Para guru dan siswa di sekolah pasti akan berkata, “Selamat datang kembali mata pelajaran TIK, dan KKPI. Kusambut engkau dengan Bismillah”.

http://youtu.be/p8GEBwTst4Q
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Risqk Template | ReDesign Mas Ris Template
Copyright © 2015. KOGTIKPI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger