Linieritas Ijazah Masih Masih Menjadi Masalah Guru TIK

Rabu, 18 Maret 2015 | komentar

          Hari Senin, tgl 16 Maret 2015 saya dikabari oleh teman sesama guru (PNS) TIK SMA bahwa data calon peserta sergur 2015 kami bertiga didiskualifikasi karena mapel tidak sesuai dengan Buku 1 Pedoman Sergur.
Kemudian kami menghubungi dinas. Dinas tidak bisa memberikan solusi. Kami disarankan untuk menyampaikan masalah ini ke LPMP. Kami pun langsung menuju ke LPMP bertemu 4 mata dengan pihak LPMP. Kami menyampaikan masalah kami dan pihak LPMP sudah memahaminya. Kami juga menyampaikan bahwa pada waktu kami diminta untuk mengumpulkan berkas syarat-syarat mengikuti sergur lewat PPG, kami sudah melampirkan Surat Keterangan dari kampus sebagai pelengkap ijazah kami dari Pend. Teknik Elektro dengan Konsentrasi Jurusan Teknik Komputer Informatika. Surat Keterangan tersebut kami peroleh dari kampus dan kami gunakan pada saat pertama kali seleksi CPNS Guru TIK.
         Tapi menurut pihak LPMP SK kami tersebut sudah pernah dibahas antar Dinas, LPMP dan Pihak Penyusun Buku 1. Hasilnya Sk tersebut tidak bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk linieritas, tetap mengacu secara saklek pada apa yang tertulis di Buku 1 bahwa untuk mapel TIK ijazah yang linier hanya dari Teknik Komputer/Informatika dan Pendidikan Teknik Informatika.
Pihak LPMP sebagai yang berwenang menentukan data verifikasi tidak berani memberikan dispensasi untuk kami dan intinya mereka tidak mau disalahkan atas keputusan verifikasi data peserta. Kemudian pihak LPMP menyarankan kpd kami utk menyampaikan masalah kami ke pihak UNY sebagai salah satu team penyusun Buku 1. Dengan maksud apabila kami menyampaikan keluh kesah masalah kami maka bisa menjadi masukan dan bahan pertimbangan para penyusun kebijakan pada Buku 1 utk melakukan revisi di tahun depan.
Kami pun langsung menuju LPPMP UNY untak menemui salah seorg Prof dimana beliau adalah salah satu anggota team penyusun Buku 1.Disana kami tidak dapat menemui beliau krn kebetulan beliau baru ada kegiatan di luar. Kami diterima oleh asisten beliau. Kami menyampaikan secara panjang lebar dan sedetail-detailnya permasalahan kami. Menurut asisten tersebut memang banyak permasalahan yang serupa juga yang menimpa guru mapel lain selain TIK.
Oleh beliau kami diminta menuliskan pesan permasalahan kami tersebut di Buku Tamu. Kami juga melampirkan print out data sergur kami yang tidak terverifikasi. Ada dua hal yang kami sampaikan :
1. Masalah linieritas anatr Ijazah Pend. Teknik Elektro dengan adanya Surat Keterangan dari kampus
    Konsentrasi Jurusan Teknik Komputer Informatika
2. Masalah pemberlakuan K13 ke depan yang telah meniadakan mapel TIK yang digantikan oleh BTIK bukan sebagai mapel. Padahal BTIK sendiri tidak ada/tidak diakui di Buku 1.
Kami mohon solusi kepada pihak UNY untuk masalah-masalah tersebut. Sebab kami menangkap pesan yang tersirat dari dialog dengan pihak LPMP bahwa jika tidak ada perubahan pada Buku 1 maka masalah seperti kami ini dan yang sejenisnya akan terus terkatung-katung tanpa penyelesaian.
Mohon saran dan komentar dari teman-teman semua seperjuangan, senasib sepenanggungan.

copas dari status bu Rozikoh Rossy
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Risqk Template | ReDesign Mas Ris Template
Copyright © 2015. KOGTIKPI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger