Surat Pernyataan Kepada PGRI

Jumat, 06 Maret 2015 | komentar

Yth. Bapak Ketua PGRI

Jika melihat uji publik kurikulum 2013 banyak guru-guru TIK SMP di seluruh Indonesia tidak setuju dengan di integrasikan mapel TIK di SMP dengan mapel yg lain. Padahal mapel TIK selama ini yang berdiri sendiri justru sangat berperan dalam meningkatkan ketrampilan siswa dalam menggunakan media TIK dari membuat dokumen pengolah kata, pengolah angka dan internet dan jaringan komputer.
Adalah sangat di sayangkan apabila mapel TIK di integrasikan dengan mapel lain. Hal ini jelas tidak menutup kemungkinan siswa smp hanya bisa melihat guru menggunakan media TIK tanpa ada keahlian siswa dalam menggunakan media TIK.
Dengan adanya mapel TIK berdiri sendiri justru siswa sudah dibekali dalam menggunakan media TIK sebagai bahan mencari refernsi pelajaran mapel lain.
Bayangkan jika mapel TIK di integrasikan dengan mapel lain, siswa smp yang belum mengenal TIK tidak dapat memanfaatkan TIK (Internet) sebagai bahan referensi belajar siswa karena siswa tidak diajarkan secara khusus dalam penggunaan Internet. mungkin bisa bagi siswa di kota-kota besar yang sudah ditunjang dengan TIK tapi bagaimana siswa yang dengan keterbatasan memiliki komputer?
Jika melihat kurikulum 2013 yang hanya fokus pada mapel UN padalah mapel TIK juga sangat menunjang dalam memberikan keahlian kelak setelah siswa akan melanjutkan ke jenjang SMA/SMK. jadi siswa tidak kaget dengan hal baru (TIK) hanya di kelas SMA/SMK. siswa sudah siap dengan mapel TIK jika di SMP/MTs sudah memperolehnya tinggal pendalaman materi z / materi pengembangan TIK saja guna pembekalan setelah lulus SMA/SMK.
Guru TIK juga sangat berperan demi kemajuan IT di sekolah masing-masing. Bagaimana nasib guru TIK SMP/MTs apabila mapel TIK tidak berdiri sendiri? kami mohon kepada PGRI untuk dapat memperjuangkan mapel TIK SMP untuk dapat berdiri sendiri tidak di integrasikan dengan mapel lain, besar harapan kami bapak ketua PGRI semoga bermanfaat demi kemaslahatan guru TIK SMP di seluruh Indonesia

http://www.pgri.or.id/…/6-profes…/47-nasib-guru-tik-smp.html
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Risqk Template | ReDesign Mas Ris Template
Copyright © 2015. KOGTIKPI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger